Monumen Kars dan Goa Song Tembus


Hai Guys, ada kabar dari tetangga Solo nich, yaitu Wonogiri. :), Ada apa disana kira-kira Guys???, Dua tempat yang kemarin Ane tengok Guys, Monumen Kars & Goa Song Tembus Ane mau jelasin yang pertama, Goa Song Tembus. Apa sih itu????

Goa Potro Bunder terletak di kompleks goa-goa Desa Mudal Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah. Goa Potro sengaja kami ulas bersama Goa Tembus, karena kedua goa ini memiliki karakteristik yang hampir sama. Keduanya merupakan goa horisontal kering yang sangat mudah untuk dimasuki. Kedua Goa ini sangat cocok untuk kegiatan wisata goa ringan, atau bagi para wisatawan yang ingin melihat tekstur dan kondisi sebuah goa, sekedar sebagai pengenalan. 

Ane juga mau jelasin apa itu Monumen Kars. Simak baik-baik Guys. Di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro - yang menjadi pusat penelitian kawasan karst - terdapat puluhan gua yang unik dan menakjubkan. Di sana terdapat Gua Tembus, Gua Mrica, Gua Sodong, Gua Potro, Gua Sapen, Gua Gilap, dan Gua Sonya Ruri. Berdasarkan penelitian para ahli sejarah dan geologi, kawasan gua-gua di Pracimantoro Wonogiri layak dijadikan sebagai situs Kawasan Karst yang unik di Indonesia.

Kawasan karst di Pracimantoro dinilai terbaik oleh para ahli sejarah dan geologi karena telah memenuhi kriteria keberagaman gua-gua, struktur lapisan tanah, dan panorama alam yang khas. Kawasan karst di wilayah ini dinilai lebih baik daripada kawasan karst yang ada di Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Gunung Kidul. 


Nah, itu dulu Guys info seputar Wonogiri yang Ane bagi untuk kalian semua. See you next time :)